Dibalik Seragam Loreng Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, Tersimpan Jiwa Satria dan Darah Seni

Dibalik Seragam Loreng Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, Tersimpan Jiwa Satria  dan Darah Seni
Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, Ssos, MSI mantan Dandim 0205/TK dan Danbrigif 7/Rimba Raya Kodam I Bukit Barisan, saat ini bertugas di Korem 161/Wirasakti

KARO - Semua orang pasti tahu, menjadi TNI-AD tidak hanya dituntut berpenampilan 'Garang'. Apalagi saat dalam bertugas harus mengenyampingkan hati dan perasaan iba, jika menyangkut ancaman terhadap rakyat, negara dan kedaulatan NKRI. Bahkan tidak perduli, meskipun nyawa menjadi taruhannya. Tapi dibalik itu semua, ada hati selembut sutera yang patut dicontoh.

Seperti sosok Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si. Sejak bertugas di daerah kelahiran Tanah Karo Simalem sebagai Komandan Kodim 0205/TK dan Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 7/Rimba Raya, Kodam I Bukit Barisan yang bermarkas di Desa Galang Barat, Kecamatan Galang, Deli Serdang.

Perwira menengah TNI-AD kelahiran 3 Agustus 1975 yang berpengalaman dalam infanteri (Kostrad) ini dikenal sangat rendah hati dan berprestasi dalam mengemban tugas. Sehingga banyak mendapat penghargaan, bahkan bukan hanya dalam bertugas.

Prestasi lainnya yang diapresiasi masyarakat yakni jiwa seninya dalam menciptakan berbagai lagu. Mulai dari lagu daerah yang dipadukan dengan arransemen musik tradisional dan rohani hingga lagu bertemakan kecintaannya terhadap tanah air.

Sejak mengemban amanat sebagai Kasi Ops Korem 161/Wirasakti Kodam 9 Udayana bermarkas di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Lagu yang diciptakannya begitu banyak dan telah dinyanyikan oleh beberapa artis Karo seperti Narta Siregar.

Adapun lagu-lagu yang diciptakannya sampai saat ini berkisar 16 lagu diantaranya :

1. Pesan dari Perbatasan *Nasional* 2. Merah Putih Berkibar *Nasional* 3. Satu Indonesia *Nasional* 4. Mars Bersama Rakyat TNI Kuat *Nasional* 5. Indonesia Negeri Tercinta *Nasional* 6. Pahlawanku *Pop untuk Pahlawan Covid-19* 7. Relakan *Pop* 8. Selamat Ulang Tahun *Pop* 9. Pedah Nande *Pop Karo* 10. Taneh Karo Kuta Kemulihen *Pop Karo* 11. Gendang Sepengodak Sepengole *Pop Karo* 12. Ate Ngena *Pop Karo* 13.Uekenndu *Pop Karo* 14. Rancangan Tuhan *Rohani* 15. Melayani *Rohani* 16. Berharap Hanya Pada Tuhan *Rohani*

Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si melalui sambungan WhatsApp, Minggu (29/08/2021) membeberkan jika awal mula Inspirasi membuat lagu dimulai dari tahun 2017 ketika menjabat sebagai Dandim 0205/TK.

"Ada permintaan sekelompok komunitas yang akan bernyanyi untuk acara pemberkatan pernikahan. Namun karena kesibukan dinas lagu itu tidak pernah selesai dibuat hinggaacara selesai, " tulisnya.

Diceritakannya lagi, pada akhir tahun 2019 ketika mengemban tugas di Brigif 7/Rimba Raya. Ia sering mendengar lagu-lagu Pop Karo yang secara umum bercerita tentang patah hati. Sedangkan lagu-lagu untuk mendukung acara-acara pernikahan seperti ngembah belo selambar, nganting manuk dan sejenisnya. Selalu memakai lagu-lagu lama karya Alm. Djaga Depari Depari dalam mengiringi acara.

"Disitu saya teringat kembali lagu yang pernah saya tulis. Namun coretan lagu tersebut tidak ketemu lagi. Kemudian saya coba menulis ulang, saya buat notasinya sambil bermain piano dan guitar sembari isi liriknya. Lebih kurang 2 Minggu baru selesai, " ungkapnya.

Tidak sampai disitu, dari inspirasinya itu. Timbul niat agar direkam dan dinyanyikan oleh artis Pop Karo, yang saat telah dikenal. Namun karena Pandemi Covid-19 masih terhalang.

"Lagu tersebut lebih 1 tahun tidak terekam juga krn terlendala dengan penyanyinya. Akhirnya ada yang merekomendasikan agar lagu itu dinyanyikan penyanyi Narta Siregar dan beliau dengan senang hati  siap menyanyikan lagu tersebut, " beber Kolonel Inf. Agustatius Sitepu.

Dikatakannya, lagu tersebut sengaja diarransemen ke musik Pop Karo Modern tapi tidak meninggalkan ciri khas musik tradisionalnya. "Karena saya melihat banyak lagu-lagu sekarang  justru ciri khas Karo-nya sudah tidak ada. Padahal indahnya lagu Pop Karo itu, kalau ciri khasnya dapat dipertahankan dan membedakan dengan lagu Pop daerah lain, " ujarnya mengakhiri.

Sekedar diketahui, lagu ciptaan Kolonel Inf. Agustatius Sitepu yang dinyanyikan artis Pop Karo Narta Siregar berjudul Ate Ngena, dapat ditonton dichannel YouTube Kreatif ma Karo dan telah dilike sebanyak 6.200 kali. Begitu juga dengan lagu berjudul Gendang Sepengodak Sepengole yang dinyanyikannya dengan B3Voice, telah ditonton dan dilike sebanyak 16 ribu kali.

(Anita Theresia Manua)

Karo Sumut
Anita Manua

Anita Manua

Previous Article

Belum Kantongi Izin Operasional, Mobil RT-PCR...

Next Article

Lagi, Ganja Kering Siap Edar Seberat 300...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 284

Postingan Tahun ini: 1703

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 231

Postingan Tahun ini: 2738

Registered: Feb 19, 2021

Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed verified

Postingan Bulan ini: 113

Postingan Tahun ini: 625

Registered: Sep 22, 2020

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 112

Postingan Tahun ini: 2572

Registered: Sep 22, 2020

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Kelangkaan BBM di Kota Tidore Kepulauan, Ini Respon HMI Cabang Tidore
Agenda Kunker Presiden, HMI Cabang Tidore Layangkan Pernyataan Sikap Kepada Walikota Tidore Kepulauan
Imbas dari Pilkades, 8 Unit Rumah Panggung di Jeneponto Dibongkar Paksa oleh Pemilik Lahan
Pasca Pembongkaran 8 Rumah Panggung di Jeneponto, Mulyadi Mustamu Bersedia Siapkan Lahan Sekalipun Satu Desa

Follow Us

Recommended Posts

Reses Anggota DPRD Asahan H. Baharuddin Harahap, S.H., M.H. dari Partai GERINDRA
Liga 3 Zona Sumut Selesai, Manajer PSG Simalungun Tetap Bangga Kepada Pemain Meski
Kapolres Labuhanbatu Terjun Langsung Kasus Diduga Korban Percobaan Aborsi, LPA Labuhanbatu Apresiasi
Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021 M, Wakil Bupati Simalungun: Saya bersama Bupati Komitmen Jaga Silahturrahim
Bupati dan Wakil Bupati Asahan Hadiri Pelantikan Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan